Agar Anak Anteng di Car Seat

Saya pengen bahas mengenai car seat deh. Beberapa kali posting foto saya dan anak lanang di mobil dengan posisi dia duduk di car seat. Beberapa kali juga ditanya kok anteng aja?

Awal dari seorang anak bisa anteng duduk di car seat adalah orang tua yang bisa tahan mendengar tangisan di mobil. Juga jeritan.

Saya juga awalnya gak tahan. Tiap Aksa nangis, saya ambil trus susui di kursi depan. Tapi semua berubah ketika Aksa mulai banyak gerak. Tiap saya pangku di depan, dia maunya ke ayahnya yang lagi nyetir. Bahaya kan?

Saya inget banget waktu itu kami di Bandung, Aksa di car seat nangiiisssss dan jerit2 sepanjang jalan. Saya dan suami tahan-tahanin dengernya. Ada mungkin setengah jam deh Aksa nangis. Kemudian dia diam, senyap, lalu lelap. Kami pun lega. Hahaha.

Tapi semenjak itu, saya perhatikan, Aksa mulai jadi anteng di car seat. Gak pake nangis, gak pake tantrum lagi.

Intinya yang mau saya sampaikan ke Aksa adalah car seat tempat dia selama di mobil. Bukan di jok, bukan berdiri di bawah, tapi di car seat. Apalagi kalau di mobil hanya saya dan anak-anak. Car seat adalah kunci.

Kabur!

Lalu masalah muncul saat Aksa mulai belajar kabur dari car seat. Serius. Awalnya memang Aksa pakai car seat bayi yang talinya tidak rumit (maklum dikasih). Ternyata dia berhasil menyusupkan badannya dan kabur! Tiba-tiba dari spion saya lihat dia sudah berdiri di bangku belakang.

Horror lho itu. Hahaha. Paling parah itu saya lagi nyetir berdua saja sama Aksa, dari Jakarta mau ke Bogor di tol. Tiba-tiba Aksa lolos. Langsung panik! Saya menepi untuk taro Aksa di car seat, lalu lolos lagi. Taro, lolos, taro, lolos.

Sejak itu saya pikir sudah waktunya upgrade car seat. Car seat yang tinggi dan talinya “mengunci” kaki, jadi tidak mudah lolos. Bahagianya 🙂

Memilih Car Seat

Seperti pengalaman saya tadi, ada baiknya pilih car seat yang bisa dipakai dari lahir sampai balita. Memang agak mahal sih. Tapi lebih baik daripada 2x beli kan?

Begitu Aksa sudah mulai bisa lolos itu, dia mulai bosan di car seat. Salah satu cara biar gak bosan di car seat ya pilih car seat yang dudukannya tinggi, jadi dia bisa lihat-lihat sekelilingnya. Dan berhasil.

Untuk referensi lebih lanjut mengenai car seat bisa baca di sini atau ini untuk tipe-tipe yang lebih rinci.

Leave a Reply

