Hari Pertama Sekolah

Sejujurnya minggu ini akan menjadi minggu yang asyik.

Pertama, pastinya diawali dengan resmi punya adik ipar. Kedua, awal minggu adalah hari pertama Ara masuk sekolah playgroup. Yang namanya hari pertama pasti berjuta rasanya. Buat saya, deg-degan pastinya. Tapi dalam hati juga yakin, karena sudah berulang kali Ara bilang mau sekolah. Jadi saya tahu dia siap.

Saya pribadi juga menilai Ara sudah siap untuk sekolah. Waktunya cukup lah sudah 3 tahun lebih dia bermain di rumah dengan saya, yang kadang malas main, ini. Sekarang memang saatnya untuk Ara bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Sekolah pertamanya kami pilih sekolah alam, di daerah Katulampa, Bogor. Jaraknya kurang-lebih 14 km dari rumah. Jauh, tapi dengan segala pertimbangannya, kami lebih ingin Ara menyukai awal proses belajarnya yang akan berlanjut sampai bertahun-tahun ke depan. Sekolah pertamanya ini diharapkan menjadi sesuatu yang menyenangkan baginya. Sesuatu yang ditunggunya setiap hari, yang akan selalu dirindukan saat akhir pekan. Tapi tetap semua berjalan alami, tanpa paksaan ya. Paksaannya cuma pas mandi pagi aja hehe.

Hari pertama, di jalan kami bertemu macet. Huhu saya saja sempat bad mood. Ara diam saja sih di mobil, tapi begitu sudah masuk jalan Katulampa, dia sudah excited. Sudah bau-bau sekolah yang dikenalnya, mungkin. Melihat dia excited, saya juga ikutan. Okay, here we go!

Hari itu Ara berlari-lari tak henti. Saya biarkan saja; sepertinya itu cara dia mengenal lingkungannya. Hari itu seru sekali. Ara dan teman-teman playgroup kelompok Kolecer diajak berjalan mengenali area sekolah. Ada kolam ikan, tempat berkebun, sungai kecil, lapangan. Sampai akhirnya mereka kembali ke ruang kelas dengan menaiki gerobak.

13645082_579604618883184_1134841891414231079_n

Aktivitas ini beda banget dengan sekolah Ara sebelumnya (belum serius sih, baru belajar sekolah hanya seminggu sekali karena masuknya harian). Di sekolah itu, aktivitasnya hanya di dalam kelas. Kalaupun keluar ya main di area playground saja. Tapi memang tiap harinya membuat (membawa pulang) hasil prakarya di kelas.

Di sekolah alam ini Ara tidak membawa pulang hasil prakarya. Saya sadar satu hal: it’s not always about the outcome, it’s about the process. Jujur saya juga tidak mau Ara hanya terpaku untuk membuat sesuatu (yang mungkin juga dibantu). Saya akan lebih menghargainya belajar banyak hal, yang mungkin tidak terlihat, tapi dirasakan. Istilahnya sesuatu yang bukan hanya untuk sekarang, tapi juga untuk di kemudian hari.

Hari kedua, saatnya aktivitas air. Wah dari awal saya sudah agak hopeless karena saat trial Ara tidak mau mencoba. Jadi kebayang kagetnya saya saat Ara langsung memakai helm dan pelampungnya lalu bersiap di pinggir kolam. Kaget banget! Dalam hati kepikirannya, ini anak berani beneran gak sih? Apa cuma berani pake aja? Iya, kaget!

Dan benar saja, ternyata dia mau naik rakit setelah melihat kakak-kakak TK sebelumnya. Sempat ada moment of shock, sebelum saya sadar lalu bersiap ambil posisi untuk foto.

13872673_579987998844846_9111775498551180903_n

Ara di bagian depan rakit

Melihat Ara berani seperti itu, jadi terharu banget. Baper, ceritanya. Udah begitu, masih butuh ibunya gak ya? Terharu, dan bersyukur luar biasa. Terkadang anak memiliki kekuatan yang bahkan kita ibunya sendiri tidak tahu. Masya Allah.

Besoknya, saya mencoba tinggal Ara lagi di kelas. Ara bilang, mau, gak apa-apa. Ada ibu guru, katanya. Aktivitasnya juga seru lagi: cooking time, sate buah (seperti yang diceritakan Ara hehe).

Memang sekolah ini merupakan perpanjangan waktu bermain di rumah ya. Biasanya yang dari pagi sampai sebelum Dzuhur main dan nonton di rumah, sekarang mainnya pindah di sekolah. Sambil belajar bersosialisasi. Tidak sabar menanti Ara belajar lebih banyak.

13754555_579605198883126_292299695762565699_n

Dan tidak ada yang lebih menenangkan lagi selain senyum manis dan suara Ara yang memanggil saya di tempat menunggu untuk pulang. I know she had a great time, and she will have another great time tomorrow. And the day after, and the day after.

 

4 thoughts on “Hari Pertama Sekolah

Leave a Reply

