Yang Aku Rasakan tentang Real Love

“Have you wonder, how your life will be before having kids? I don’t know, but I can’t imagine my life before having them.”

Ini semacam pemikiran random aja sih, suatu saat. Mikir, kayak apa ya hidup aku kalau enggak punya anak-anak ini? Atau kayak apa kalau enggak nikah sama suami? Dengan usia sekarang, tanpa mereka, itu rasanya kayak apa ya?

Menjawab pertanyaan itu, aku enggak tahu. Yang aku tahu cuma, kalau enggak ada anak kedua, berarti sekarang aku masih kerja. Lalu hmm, kalau enggak ada anak pertama, sekarang jadi bisa sering nonton film di bioskop sama suami, gaji dibeliin Macbook, budget travel ke Eropa sama suami. Dan banyak lagi deh!

Kalau sekarang enggak ada suami, nah ini sebenernya yang belum terjawab.

Trus, dibalik deh ya pertanyaannya. Skip tentang suami, karena memang enggak terjawab juga. Emangnya mau tidak punya anak pertama? Sahara yang bawel banyak tanya, tidak mau diam, berisik dengan permainan dan imajinasinya, harus dibilangin berkali-kali. Juga Aksara, anak kedua, yang kemampuan motoriknya melebihi anak seusianya, yang bikin capeknya berlipat-lipat karena harus diawasi.

Ah, dua anak ini ya, yang selalu menyita waktu dan perhatian aku setiap harinya. Tapi aku enggak kebayang hidup tanpa mereka. Tanpa pertanyaan Kakak yang tidak ada hentinya, tanpa teriak gemes Aksa akan benda baru dalam hidupnya. Enggak bisa.

IMG_3483

Ada kenalanku yang pernah bilang: di usianya yang mendekati 30 ini, tanpa prestasi apa-apa, lalu ada anak yang bergantung dan berharap padanya; rasanya itu luar biasa. Kira-kira itu yang aku rasakan. Apalah aku di mata dunia ya. Tapi di mata dua anak ini?

Dan lagu ini benar-benar mewakili perasaan aku semuanya. Perasaan ini, ini real love.

All my little plans and schemes
Lost like some forgotten dream
Seems like all I really was doing
Was waiting for you

From this moment on I know
Exactly where my life will go
Seems that all I really was doing
Was waiting for love

(Real Love, John Lennon)

 

Leave a Reply

