RESEP: Bolu Cokelat Favorit

Saya gak jago bikin kue. Orang rumah sih tau banget. Dulu ada masa saya gila bikin kue, tiap hari pasti bikin. Tapi gak ada yang enak dan berhasil. Haha.

Resep ini kayak muse buat saya. Yang gak pernah berhasil bikin kue, lalu dikomentarin kalau enak sama lebih dari seorang itu…warbiyasak! Jadi saya bikin ini berkali-kali, sampai menemukan tone yang pas.

Lucunya, resep ini saya dapat out of the blue. Tiba-tiba aja gitu. Kebetulan lagi gak ada kue untuk snack anak. Buka kulkas ada mentega, terigu, cokelat bubuk, brown sugar.

Biasanya saya googling. Tapi kali itu, saya malah buka buku resep masakan punya Mama. Di halaman belakang, ada resep-resep kue yang ditulis tangan oleh Nenek.

Lalu saya menemukan resep ini.

Bahan-bahan pas, saya pun semangat. Tapi kemudian sadar, ini gak ada petunjuk bikinnya! Oh well.

Pake insting, saya menggunakan cara yang dipakai Annabel Karmel dengan resep basic cupcake-nya, yang pernah saya bikin beberapa waktu sebelumnya (mengembang, tapi kemanisan).

Pertama, kocok mentega dan gula sampai berwarna pucat. Gak usah lama-lama.

Lalu, aduk rata dengan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk.
Di tempat berbeda, kocok telur sampai mengembang, kental berjejak. Ini saya pakai mangkok yang agak kecil, telur sampai ke bagian atas. Tapi jangan kelamaan ya, bisa surut lagi telurnya dan adonan gak ngembang (iya, pernah banget).

Lalu, campur telur ke dalam adonan tadi. Aduk rata, tuang ke loyang. Masukkan ke oven 180°C selama kurang lebih 20-30 menit.

Dinginkan. Selesai. Simpel ya?

IMG_2973-2

Ini jenis kue yang full, jadi saya sih gak rekomen untuk ditambahkan buttercream, pasti blenger banget.

Oh ya, di resep tulisannya gula halus tapi kadang saya pakai gula pasir biasa; premium atau dari warung gak ada bedanya. Kali pertama bikin pake brown sugar juga enak (brown ya, bukan palm sugar. Saya agak gak selera dengan hasil rasa dari palm sugar).

Oh ya lagi, itu tulisannya cokelat/keju, tapi jangan coba-coba bikin pake keju dengan cara yang sama. Gagal. Lagi cari resep yang pas untuk bolu keju.

Advertisements

4 thoughts on “RESEP: Bolu Cokelat Favorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s