37 week + 3 day

“Yow! If you feel a sort of lightening bolt running up and down your legs (and in your crotch), don’t freak out. At 38 weeks, baby’s probably sitting pretty low in your pelvis, which means he’s bumping into all kinds of nerves down there — including some pretty sensitive ones you might not know you had. Be on the lookout for signs of labor, including contractions that come on stronger, at more regular intervals, and the “bloody show.” It could happen any day now — or it might not be for a few weeks. Until then, try to relax.” The Bump.Com

Ini tepat seperti yang saya rasakan minggu ini. Rasa nyeri sudah di bagian bawah: panggul, paha atas. Harus sering-sering pelvic rock atau goyang inul untuk kenyamanan. Biasanya setelah bangun tidur atau duduk lama. Dan di minggu-minggu ini memang sedang waktu-waktunya menunggu gelombang cinta Kakak Ara. Tapi mungkin saya menunggu flek darah saja ya (bloody show kalau kata istilah Inggris-nya), karena saya akui belum bisa membedakan kontraksi palsu dan kontraksi besar tanda persalinan. Saking sering dibawa santai-nya (tidak mau panik seperti dulu), saya merasa semua kontraksi yang saya rasakan adalah kontraksi palsu–karena juga belum nyeri sampai ke pinggul.

Yah, kapanpun bisa terjadi sih memang. Tapi, seperti kata TheBump.Com, sampai waktunya tiba cobalah untuk rileks! Dan itu yang saya lakukan belakangan ini.

Rileks bisa sangat individual. Buat saya, yang membuat rileks adalah tiduran di kamar sambil baca buku. Atau browsing di kamar Ardi pakai laptop sambil mendengarkan musik (playlist saya) dengan speaker + bass menyala. Atau bisa juga tidur; itu agaknya penting karena bisa jadi tidur yang sangat dibutuhkan setelah si kecil lahir nanti.

Tapi tidur adalah masalah lain di minggu-minggu ini. Setiap malam, saya memang mengantuk tapi tidak bisa tidur. Entah mengapa. Beberapa malam saya pikir mungkin ini karena buku yang saya baca tengah seru-serunya. Tapi sebenarnya memang agak susah tidur juga sih, terutama susah saat berubah posisi miring ke kiri-kanan–sangat nyeri rasanya panggul ini. Mau bangun sebentar untuk pelvic rock, agak malas karena memang mengantuk.

Gerakan janin juga makin aktif tiap malam. Apalagi, saya perhatikan, lebih aktif saat ayahnya baru tiba jika pulang malam sekali. Mungkin kangen ya, hehe. Tapi sekarang-sekarang sih janin bergerak aktif siang-malam, apalagi saat saya sedang tiduran dan baca buku sambil taruh buku di atas perut. Pernah janin sedang cegukan, saya sengaja taruh buku di dekat posisi cegukan, dan buku tersebut sukses bergerak-gerak. Hihi. Ini yang akan saya rindukan dari kehamilan.

Dokter bilang minimal janin keluar normal pada 23 September lalu. Jadi, sekarang memang sedang waktunya saya menunggu-nunggu. Kontrol ke dokter untuk minggu ini juga belum, padahal jadwalnya ukur panggul. Mungkin Sabtu ini, karena sekalian saya senam hamil. Satu yang bikin males itu memang ke dokter saat Sabtu, penuuuhh sekali orang. Biasanya suami ambil cuti di hari kerja, tapi karena sekarang sudah 1 minggu sekali kontrol, rasanya agak aneh jika suami cuti tiap minggu. Dan karena saya juga sudah tidak boleh (dan tidak ingin juga) pergi keluar sendirian termasuk senam hamil, jadi hari Sabtu mungkin yang terbaik.

Selain kesulitan tidur, yang saya temukan beberapa hari ini adalah mood yang naik-turun. Semoga saja pengaruh hormon. Seperti sekarang, saya sedang membuat desain CV yang biasanya selesai satu hari. Tapi kali ini belum selesai dari kemarin. Terutama sekali dalam pemilihan model desain yang tidak kunjung diputuskan. Sampai sakit kepala.

Belum lagi rasa malas, jadi seringnya saya tidur. Jika tidur terus, saya sakit kepala. Begitulah.

Leave a Reply

