35 week + 2 day

Diare yang menyebalkan. Ga pernah merasa se-merana ini krn diare. Tapi ga tau juga sih tepatnya ini memang diare atau persiapan tubuh menghadapi persalinan.

Dua hari yang lalu, tepatnya. Saya melakukan aktivitas seperti biasa. Sarapan pagi nasi lengkap, lalu jalan pagi. Bahkan pagi itu saya merasa sangat sehat karena tidak merasa bengkak pada kaki dan tangan seperti sebelumnya. Setelah itu saya tidur sebentar, lalu cuci baju dan cloth diaper yang saya baru beli. Agak ribet untuk cuci cloth diaper krn harus bolak-balik ganti air panas untuk rendaman (karena kali pertama cuci).

Setelah cuci-cuci, saya mulai merasa lapar. Lalu saya makan roti isi cokelat Bogor Permai kesukaan saya, yang agak besar. Baru makan setengah, saya langsung merasa ‘penuh’. Akhirnya saya stop. Di jam makan siang, saya sempat lihat menu do meja makan, tapi saya rasanya tidak/belum pengen makan. Akhirnya saya tidur siang saja.

Tapi tidur siang saya tidak nyenyak. Berkali-kali terbangun dengan sensasi aneh di perut, seperti lilitan dan remasan (tapi rasanya bukan karena janin). Ditambah rasa kembung dan ingin muntah. Saya googling, beberapa ada yang tulis itu sindrom menjelang persalinan. Saya pikir mungkin wajar di minggu-minggu ini.

Lalu saya BAK, dan ternyata diiringi dengan mencret. Setelah itu shalat Dzuhur dan tetap minum air putih (karena saya baca di satu artikel, menjelang persalinan kalau tidak bisa makan tidak apa-apa yang penting sering minum air putih). Baru menjelang Ashar, saya lemas luar biasa.

Sambil rebahan, saya pikir-pikir kenapa. Apa karena belum makan? Mungkin, tapi saya benar-benar tidak ingin makan. Dan sebagainya, dan sebagainya… Sampai saya pikir, apa ini kontraksi besar? Karena perut rasanya melilit dan meremas dari berbagai arah, ditambah perut mengeras. Saya bilang suami dan mama, dan semua tanya sudah berapa kali frekuensinya. Saya jawab saya ga hitung karena sangat pusing dan nyeri.

Menjelang maghrib, saya mulai menggigil. Dibuatkan teh manis hangat agak enakan. Dari situ saya merasa butuh sup hangat. Saya lalu tiduran, selimutan, dengan bantal hamil. Rasanya nyaman.

Akhirnya mama pulang, dan agak kaget karena tahu saya belum makan. Waktu ditanya mau dibeliin makanan apa, saya cuma jawab: sup Knorr. Entah sadar atau ngigau. Mungkin teringat masa kecil, tiap sakit dulu saya dibuatin sup asparagus, hehe.

Mama bilang kenapa saya ga bilang dari tadi (saya ga kepikiran). Akhirnya mama bilang nanti titip adik saya beli sup KFC yang agak mirip. Tapi saat mama pegang badan saya yang agak hangat, langsung ada kepanikan. Beliau tanya jadwal dokter saya, kebetulan malam itu sedang praktek di rumah sakit dekat rumah. Lalu mama telepon, daftar dan langsung siap-siap. Dan karena saya pun belum menyiapkan tas persalinan, saya cuma respon seadanya saat beliau cari-cari baju dan lain-lain. Lupa checklist deh, saya aja pusing.

Lalu adik saya datang, dan kami pun langsung ke rumah sakit. Itu pukul 8. Suami kebetulan belum pulang dan akan menyusul ke rumah sakit. Sampai rumah sakit, saya agak shocked karena penuh dan ga nyaman. Yang saya pengen cuma tidur di kamar saya yang nyaman dan hangat.

Saya baru masuk ruang praktek dokter menjelang tengah malam. Jadi kebayang rontok dan lemahnya badan saya. Saat saya cerita sindromnya, dokter masih belum bisa memutuskan ini diare atau kontraksi besar. Akhirnya, saya diminta cek saat mencret lagi, yang nyeri di bagian kiri atau atas perut; kalau kiri diare, kalau atas kontraksi. Saya memang tidak memperhatikan apa-apa deh saking lemasnya.

Oh. Dan dokter juga menyuruh saya untuk makan walau tidak ingin. Harus makan.

Berita baiknya, karena memang belum sempat konsul dalam 3 minggu, saya pun senang pas tahu janin dalam keadaan sehat dan baik. Bahkan naik 600gr, hebat. Sekitar 2 minggu lagi janji kontrol untuk ukur panggul.

Kami pun pulang. False alarm malam ini. Saya hanya ingin tidur, dengan tekad besok harus makan. Dokter juga bilang, kalau diare, penyerapan nutrisi ke janin tidak maksimal dalam 3 hari ke depan.

#akanbersambung

One thought on “35 week + 2 day

Leave a Reply

