28 week + 5 day

Kemarin konsultasi dua-mingguan ke dsog, dan ternyata analisisnya janin saya hanya naik berat badan kurang lebih 100 gram. Saya kaget, langsung agak bingung dan panik dalam pikiran. Terlebih saat dokter tahu saya sedang (mencoba) puasa hari itu, dia pun langsung agak marah dan kesal nada bicaranya. Langsung ungkit tentang keringanan ibu hamil, fidyah, dan sebagainya (tidak terlalu fokus terdengar karena agak panik itu). Suami di ujung matras juga sudah tekan-tekan kaki saya karena kesal juga.

Huhu sedih. Memang saya tahu dokter menyarankan untuk tidak puasa. Tapi gimana yah, rasanya tuh pengen puasa banget dan ga enak kalau ga puasa; terlebih kalau dengar ibu-ibu hamil yang ternyata bisa lulus 1 bulan puasa. Selama Ramadhan, jadi ada sebuah ketidakinginan untuk makan seperti biasa, apalagi kalau lagi di kantor. Mungkin itu juga penyebabnya berat badan janin hanya naik sedikit, karena pola makan saya jadi tidak teratur.

Keluar dari ruangan dokter, suami langsung suruh saya berhenti puasa. Apalagi, saat analisis hasil lab saya tadi, ada sedikit infeksi kandung kemih karena kurang minum. Langsunglah suami kesal, kenapa minum saja mesti disuruh. Ternyata minum itu penting sekali saat hamil.

Maafin Bunda ya, Kakak Ara.

Sejak kemarin, saya sudah bertekad tidak mau main-main dengan makanan asupan janin. Sudah ga mikirin lagi deh berat maksimal ibu yang diusung dokter-dokter lain–anyway dokter saya ga nganjurin mesti berapa berat badan ibu (dokter saya sebelumnya nganjurin, mungkin itu kenapa saya pindah dokter hihi). Kira-kira 2 bulan lagi dan masih ada 2000 gram yang mesti dicapai! Semoga bisa ya, kakak Ara. BismiLlah.

Leave a Reply

