28 week + 0 day

Masuk bulan Ramadhan, agak bingung untuk puasa atau tidak. Sejauh ini, suami dan dokter sama-sama tidak menganjurkan. Saya akhirnya lebih memilih berkah dan nurut ya, walau sebenarnya sangat ingin puasa. Tapi memang, di hari pertama kemarin, walau saya ikut bangun sahur dan makan, saat bangun kembali pagi harinya itu berasa lapar sekaliii. Entah karena memang terbiasa makan saat bangun tidur atau memang lapar. Akhirnya sepanjang hari saya tetap makan, walau lebih sedikit.

Saat rasa lapar datang, rasanya saya tidak tega mendzalimi badan dan janin anak saya sekaligus. Mungkin ini yang dinamakan ‘mencemaskan anak’ sebagai pilihan untuk tidak berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui.

Tetapi Ramadhan, bagi saya, tanpa puasa agak terasa hampa. Harus setiap saat mengingatkan diri sendiri bahwa sekarang sedang masa Ramadhan, perlu memperbanyak ibadah dan munajat. Memang awalnya terasa agak susah, apalagi rasanya beda jika menonton tabligh siang hari saat saya sedang memakan sesuatu. Tetapi, saya bertekad untuk membuat Ramadhan pertama bersama janin (dan suami) ini menjadi Ramadhan yang lebih baik. Saya niatkan, setidaknya satu hari saya membaca Alquran.

Membaca Alquran saat hamil saya rasakan beda. Awalnya, agak beda cara bernafas karena seringkali saya merasa sesak di tengah tadarus. Mungkin karena hamil, atau juga karena sudah tidak terlalu sering tadarus. Akhirnya, saya siasati dengan tadarus tidak terlalu panjang, sekuatnya, untuk membuat nyaman dan perlahan lebih sering mengaji. Atau sesekali saya mengaji tidak bersuara keras; ini agak lebih nyaman bernafas dan bisa tadarus lebih panjang dari biasanya.

Satu hal yang menyenangkan saat mengaji dengan janin dalam perut saya adalah ketika merasakan janin juga ikut mendengarkan saya mengaji. Itu lebih ke pikiran positif ya. Saya senang saat berpikir bahwa janin juga mendengarkan tadarus saya. Saya senang membacakan kepadanya surat-surat yang penuh makna, terutama dengan membaca tafsir.

Tapi memang belakangan janin ini agak lebih aktif bergerak, tak terbatas waktu malam saja. Mungkin memang sedang dalam masa pertumbuhan ya. Karena sering bergerak di siang hari itu, saya agak tidak tega untuk tidak makan jika lapar. Walau saya cukup yakin, janin ini insyAllah sehat dan kuat jika puasa sekalipun. Tapi, sekali lagi, rasanya naluri ibu ini mulai tumbuh. Rencananya mungkin sesekali saat akhir pekan saya akan mencoba puasa, setelah melihat berat badan janin minggu depan.

Ngomong-ngomong, hari ini tepat sudah 7 bulan kehamilan saya, jika dihitung dari kalender medis. Artinya, insyAllah kurang lebih 2 bulan lagi saya melahirkan janin ini. Dan jika dilihat sekarang bulan puasa, selepas lebaran berarti 1 bulan lagi menuju hari perkiraan lahir.

Dan saya agak tegang memikirkan perlengkapan bayi. Bukan, bukan yang neko-neko dengan daftar panjang. Saya hanya ingin sederhana saja. Tapi daftar kebutuhan itu belum saya susun, padahal saat lebaran rencananya mau diedarkan ke saudara-saudara, sebagai pilihan mereka jika mau memberi hadiah. (Ini satu trik penghematan menyambut bayi yang saya pelajari dari tante saya.)

Belum lagi pikiran tentang bagaimana jika saya melahirkan prematur, misalnya. Saya belum mempersiapkan apa pun sama sekali, bahkan perlengkapan stok ASIP. Satu-satunya yang sudah saya beli adalah bantal hamil besar dengan motif lucu, yang bisa jadi bantal untuk bayi. Tapi untuk jumper bayi, popok, sarung tangan, topi–argh!

Haha. Sebenarnya saya tidak terlalu se-stress itu. Itu memang ada dalam pikiran bawah sadar saya, tapi saya tidak begitu mengindahkan. Saya selalu berpikir, insyAllah ada jalan. Minggu depan juga saya mau resign dan bertekad kuat memperbaiki apa yang tidak baik dalam kehamilan ini. Misalnya memperbanyak olah raga, beribadah, dan relaksasi.

Oke, cukup sekian ya catatannya, sudah azan Subuh.

Leave a Reply

