25 week + 5 day

A quick post during thesis revision. Alhamdulillah sidang tesis dilancarkan minggu lalu, bahkan dedek pintar ini tidak banyak bergerak pas bundanya disidang, hehe. Baru bergerak pas makan steak di Senopati bareng ayah (nambah deh yang mesti di-review).

Sekarang saya sedang banyak-banyaknya baca perihal melahirkan, terutama hak-hak kita sebagai pasien dan bunda bayi yang baru lahir. Banyak deh, dari mulai belajar (sambil hafalin) teknik dan posisi mengejan, sampai mana yang jadi hak dan pilihan tidak wajib bagi ibu dan bayi saat melahirkan. Iya sih, too much information will kill you, jadi akhirnya saya juga membatasi bacaan. Misalnya tentang gentle birth ga semuanya dibaca, bisa stress sendiri ntar kalau enggak berhasil home birthing. Hehe.

Intinya sih hak dan kewajiban, terutama untuk bounding dengan bayi yang baru lahir. Misalnya, IMD. Lalu, saya sih sangat menebalkan rawat gabung ibu dan bayi. Hanya saja, di Bogor sepertinya RS yang bener-bener rawat gabung itu baru di PMI yah; itu juga karena mereka tidak memiliki ruang bayi sehat. Saya sih sudah senang sekali. Tapi sepertinya orang tua saya masih lebih percaya dengan pelayanan swasta. Yaa, dulu saya juga sering sih membandingkan pelayanan swasta dan negeri.

Tapi kalau taruhannya dipisah dengan anak saya yang baru lahir, swasta atau negeri sudah tidak penting lagi.

Belum lagi masalah biaya. Saya, dan juga suami, sangat berkeinginan keras untuk tidak membebani orang tua jika menyangkut anak kami. Ini juga kan baru lahir, kok sudah membebani orang tua (yang apalagi dalam hal ini kakek-neneknya); gimana nanti tahun-tahun berikutnya.

PMI dan RS swasta itu biayanya agak beda jauh. Apalagi RS swasta mesti tambah biaya ruang bayi sehat, walaupun mau rawat gabung yang otomatis bayi tidak di ruang bayi sehat. Saya merasa rugi besar (sekalipun belum melahirkan ya). Belum lagi dari artikel-artikel yang saya baca, pada saat bayi baru lahir dan dipisahkan dari ibunya, dia akan stress. Saya tidak mau.

Yah itu sekarang saya sedang galau. Semoga kami bisa meyakinkan orang tua bahwa RS PMI tidak seburuk yang dipikirkan mereka ya.

Oh ya, selain shopping RS sayang bayi, saya juga shopping perlengkapan bayi belakangan ini. Rencananya mau bikin daftar perlengkapan yang akan disebar ke keluarga, teman dan kerabat jika ada yang mau kasih hadiah (biar ga mubazir gitu, hehe). Tapi banyak banget ya, saya sampai bingung pilih yang penting dan tidak terlalu penting. Jadilah saya fokus dulu ke apa-apa saja yang perlu dibawa pas melahirkan nanti, karena setidaknya ini lebih sedikit dan lebih mendesak (walau masih jauh juga sih, haha).

Dan berhubung bulan depan saya resmi resign, saya juga mau siap-siap apa saja yang mesti dilakukan saat di rumah. Misalnya, perlengkapan yoga (DVD dan birth ball). Kan ga lucu yah pas uda di rumah baru sibuk cari-cari. Belum lagi susun rencana olah raga ringan harian, relaksasi, pola makan, dan sebagainya. Pokoknya, setelah resign sampai menjelang melahirkan, saya mau lebih baik dari sekarang! 🙂

Tapi sebelum resign, saya dan dedek pinter ini pulang-pergi Jakarta-Bogor lho. Hebat yah dia, hehe. Sebenarnya tidak banyak masalah ya, apalagi macet juga sudah jadi makanan sehari-hari. Cuma yang bikin jengkel itu duduk terlalu lama, biasanya sampai 2 jam, di kendaraan. Sangat bikin pegal pangkal paha saya. Apalagi kalau naik bus, tempat duduknya kecil dan tidak nyaman.

Kesal. Tapi berkat dukungan suami dan orang tua, saya berhasil melewati minggu ini (eh belum pulang ding, hehe). Dan yang benar-benar saya dan dedek butuhkan adalah tidur seharian besok. Asik sekali.

Hmm. Tapi baru ingat kalau besok waktu konsultasi dokter pagi-pagi…

Advertisements

2 thoughts on “25 week + 5 day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s