24 week + 1 day

Heartburn. Awalnya karena tergiur suami beli kripik singkong pedes yang spicy (bukan balado). Karena biasanya kalau makan pedes saya ‘hanya’ diare, akhirnya saya sok-sokan ikutan. Tapi malamnya, dada bener-bener berasa kayak panas. Dan tiap berbaring telentang, rasanya sesak. Akhirnya saya rebahan sambil duduk, dan pas mau tidur selalu miring kanan/kiri (bagusnya kiri ya) karena bener-bener ga bisa telentang.

Itu malam paling buruk rasanya. Bangunin suami, percuma juga mau diapain yah (akhirnya tidur lagi juga dia). Mau bangun ikutan adek nonton bola, tapi rasanya ga pengen karena pasti kalau bangun jadi laper sementara tiap makan perut saya rasanya ga enak. Ini juga yang buruk. Beberapa saat setelah itu, saya ga bisa makan banyak. Awalnya saya ambil makan seperti biasa porsi lauk+sayur+nasi. Tapi di tengah makan, rasanya perut uda penuuuhhh. Diem dulu beberapa lama, baru lanjut makan pelan-pelan. Tapi habis itu, bener-bener perut rasanya penuh! Tiduran (kebiasaan buruk saya), sesak. Duduk, ga tenang.

Akhirnya saya sarapan hanya sayur saja tanpa nasi. Berangkat ke kantor rasanya mual sekali, seperti trimester awal. Ditambah lagi dedek rasanya menendang terus sepanjang malam dan pagi ini. Kalau lagi sering nendang gini, rasanya agak cemas kenapa dia ga tidur, dan juga agak nyeri ditambah mual.

Sampai kantor, saya browsing sindrom yang saya rasakan dan menemukan: heartburn. Cara mencegahnya bisa dengan mengatur porsi makan. Saya mulai serius banget tentang ini, apalagi mengontrol apa yang saya makan. Biasanya makan nasi sehari tiga kali, sekarang mau dikurangi jadi sekali saja pas makan siang.

Leave a Reply

