Aside

23 week + 4 day

Baru ada pergerakan kecil dari janin, kangen sekali. Biasanya pagi hari sedikit aktif, terutama malam. Tapi tadi malam tidak terlalu aktif. Saya curiga dia ngambek karena kemarin saya bergerak terus. Dari mulai bersih-bersih rumah sampai yoga. Kebetulan ambil cuti untuk coba prenatal yoga (review menyusul ya), sebelum pindah kota bulan depan. Tapi akhirnya malah lelah sekali sampai Ashar. Biasanya kalau saya banyak gerak, dia yang tidak terlalu banyak gerak. Ah jadi kangen tendangannya.

Belum lagi agak stres karena belum nyantol bikin slide untuk sidang tesis minggu depan. Tapi saya suka karena sidang tesis akan bersama dengan janin. Ayo dek, bantu bunda lawan penguji. Hehe.

Minggu ini juga jadwal kontrol ke dokter. Semoga bisa cepat menghilangkan galau memilih dokter dan rumah sakit yang mana, karena masih bingung. Semoga minggu ini bisa mulai memutuskan. Terutama yang diperhatikan oleh saya itu adalah IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Mungkin sudah ngerti ya artinya IMD, tapi saya mau bahas lagi deh.

IMD adalah salah satu upaya untuk merangsang pemberian ASI eksklusif. Jadi setelah lahir, bayi diletakkan di dada ibunya. Lalu, dengan primitive instinct, yang hanya ALlah yang Tahu bagaimana cara bekerjanya, dia akan merangkak mencari puting ibunya dan mulai menyusui. Menyusui ga lama, karena mungkin ASI belum keluar banyak yah. Tapi yang penting skin-to-skin ama bundanya yang bisa bikin dia nyaman.

Saya pernah lihat foto bayi pas lagi IMD, dan terharu banget lihat tangan-tangan mungilnya. Ada sebuah catatan bidan gentle birth di facebook, yang nulis tentang perasaan bayi saat dilahirkan. Dia tiba-tiba di ruangan asing dan tidak kenal siapa-siapa, makanya nangis sekencang-kencangnya. Dan baru agak reda setelah diletakkan di dada ibunya, satu-satunya yang dikenalnya dan membuatnya nyaman.

Ah, Nak. Jangan takut, ada bunda di sini. #jadiagakmellow, sekian dulu ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s