Jenis-Jenis Penumpang Kereta KRL Ekspress

Filosofi ringan yang saya dapat saat kembali ber-komuter dengan kereta api ekspress. Kereta yang saya tumpangi seringkali sudah penuh; ada yang sudah duduk dan tertidur nyaman, ada yang duduk dengan kursi lipatnya, ada yang duduk ngampar dengan korannya, dan ada yang rela berdiri.

Sebenarnya, dengan berbagai jenis orang yang berada di kereta, banyak analisis yang saya dapat. Berhubung duduk ngampar di lantai kereta, tidur susah baca pun ngantuk. Akhirnya saya hanya merenung dan berpikir.

Orang-orang yang dapat tempat duduk di kursi dan sudah tertidur pulas: ini adalah orang-orang yang rela mengejar kereta paling pagi sekalipun untuk mendapat tempat paling nyaman. Mereka akan rela bangun pagi. Mereka terbiasa mengatur dan memperhitungkan waktu; dari bangun tidur, jarak rumah-stasiun, macet, tak terduga, minimal jam sekian sampai stasiun dan sudah duduk. Kecuali mereka memang sedang beruntung, mereka termasuk orang-orang yang terorganisir sehingga mendapatkan tujuan yang jelas.

Lalu, orang-orang yang duduk dengan kursi lipatnya. Mereka sebenarnya termasuk rajin dan terorganisir, karena memikirkan worst case-nya jika tidak mendapat tempat duduk sehingga kursi lipat pun menjadi pilihan. Dan mereka jelas sangat mementingkan kebersihan tempat duduk, kebersihan celana atau rok bagian belakangnya, kerapihan celana dan roknya; tak peduli nyaman atau tidaknya kursi lipat itu yang penting bersih dan tidak membuat lecek.

Kemudian, orang-orang yang duduk ngampar dengan koran. Mereka sebenarnya termasuk rajin, tidak mau terlambat, terorganisir. Tetapi karena (sering) bangun terlambat lalu ngantuk dan santai, akhirnya mereka hanya mengatur waktu intinya sebelum kereta berangkat; bagaimana duduknya itu urusan nanti. Mereka bukannya tidak memiliki cadangan lain jika tidak mendapat tempat duduk dengan membeli kursi lipat; hanya saja mereka lebih memikirkan kenyamanan duduk, terutama untuk orang-orang sering jatuh dan sering tidak nyaman dengan tempat duduk kecil seperti kursi lipat. Mereka lebih mementingkan kenyamanan (walau masih kalah dibandingkan tempat duduk kereta), dengan duduk di tempat yang lurus dan bisa duduk semau mereka. Masalah kotor, mereka tidak terlalu peduli karena seringkali sudah antisipasi dengan memakai rok atau celana berwarna gelap; lecek dan kotor tak masalah.

Mereka pun tak takut disangka pengemis atau anak jalanan karena semua orang pun maklum. Lagipula, mana ada pengemis atau anak jalanan pakai baju kantoran? Tidur mereka pun tidak akan terganggu, karena tidak akan dibangunkan jika ada lansia, penyandang cacat, atau ibu hamil yang mau duduk; karena toh mereka tidak akan mau duduk ngampar. Dan yang terpenting, orang-orang yang duduk ngampar di lantai kereta adalah orang-orang yang bisa menahan kesemutan.

Sementara, untuk orang-orang yang rela berdiri bahkan sampai tujuan: tak ada kata lain, mereka adalah orang-orang yang pasrah, tawakkal, sabar. Berangkat jam berapa, pasrah. Naik kereta apa, pasrah (lho). Saat tidak mendapat duduk, tawakkal atau usaha selama perjalanan ke stasiun. Harapannya cukup tinggi agar ada orang-orang yang duduk memberikan tempat duduknya. Jika tidak ada yang memberikan, sabar. Contoh calon penghuni surga.

Sekian. Hanya penilaian iseng dan subjektif. Tokoh-tokoh yang dituliskan hanya fiktif belaka (kecuali penulis). Diharapkan tidak ditiru dan dijadikan acuan dalam keadaan apapun.

Advertisements

2 thoughts on “Jenis-Jenis Penumpang Kereta KRL Ekspress

  1. Malinda says:

    hahaha kocak, kalo saya berarti tergolong tipe yang sabar dong… habis kalo mau ngemper pas kereta penuh justru merugikan orang lain karena jadi makan tempat :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s