Sendiri

Tidak semudah itu. Memang saya siapa? Tuhan? Tuhan saja tidak semudah itu menampakkan diri-Nya di hadapan makhluk-Nya. Begitu pun makhluk-Nya, tak semudah itu bisa melarikan diri. Tapi saya siapa? Hanya manusia, tak pernah lebih dari sekadar manusia. Untuk berpikir saja ada batasnya. Apalagi untuk bertindak. Lalu, mengapa semua ada batasnya?

Tak ada bagaimana nanti. Saya ingin melarikan diri. Tapi hanya tersimpan dalam pikiran. Semesta tak mendukung. Saya ingin lari, lari kecil saja. Lalu semesta membantu saya untuk lelah, untuk kembali mundur. Atau untuk kembali diam. Pikiran saya mati, diam tak bergerak.

Memang saya siapa? Tak pernah lebih dari sekadar manusia. Anda, pun manusia. Mengapa kita berbeda? Mengapa ada perbedaan? Dan mengapa perbedaan disalahgunakan? Mengapa perbedaan yang disalahgunakan itu memperburuk citra manusia? Dan mengapa dari sekian miliar penduduk bumi yang normal, saya termasuk yang berpikiran buruk tentang citra manusia? Manusia itu terlalu egois, manusia itu terlalu materialistik, manusia itu terlalu memikirkan pendapat orang lain.

Lupakah mereka bahwa manusia tak pernah akan bisa sempurna, walau mencoba menyempurnakan diri? Tak ingatkah mereka, bahwa manusia tak akan pernah bisa di atas segalanya, walau mencoba untuk berkuasa? Tak pernah terpikirkankah mereka, bahwa ALlah akan selalu ada, sekalipun hamba-Nya bersikap kurang ajar, tak berterima kasih, tak mengingat-Nya? Mereka lupa bahwa bahkan manusia hanya secelup ujung jari di lautan yang luas itu.

Saya tahu ALlah ada, menentramkan hati saya. Saya tak sendiri. Tapi saya sendiri, di antara manusia-manusia yang berada di sekeliling saya.

I got a right to be wrong,
so just leave me alone.
(Right to be Wrong, Joss Stone)

Leave a Reply

