Garuda di Dadaku

Sejak dahulu kala, sejak saya pertama kali menyukai sepakbola, saya tahu pasti bahwa hal yang satu ini akan menjadi sebuah pemersatu bangsa. Dan, kurang lebih sedikit benar (lho, kok ga yakin gini sih).

Saya belum menonton film ini, tapi saya mencoba meraba-raba arah film ini. Mungkin saya merabanya dari lagu Netral dengan judul yang sama. Saat pertama mendengarnya di trailer film, saya sudah tertarik dengan sound yang seakan dinyanyikan oleh supporter sepakbola di stadion. Interesting.

Intinya… Apakah lagu ini mencerminkan kita? Hm. Tidak ada yang memungkiri, kita orang Indonesia. Lahir dan besar di Indonesia (saya, terutama. Anda, tentukan sendiri). Jiwa dan raga untuk Indonesia? Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sepertinya.

Tapi, produk Indonesia? Memakai dan bangga dengan produk Indonesia? Hm. Optimisme pada Indonesia? Duh, untuk yang satu ini, sebenarnya saya akui tertinggal sedikit pada diri saya.

Saya selama ini menyimpulkan satu hal: kita akan bersemangat saat menyanyikan ini dan/atau bersemangat saat mendukung permainan sepakbola atau olahraga lainnya Indonesia. Tapi saat keluar dari stadion, dua-tiga hari berlalu, masih adakah rasa kepemilikan itu? Masih adakah rasa bangga pada Indonesia (terutama jika ternyata tim Indonesia kalah)?

Saya (merasa) masih muda. Dan saya harap, Anda pun (merasa) termasuk golongan pemuda Indonesia. Saya bangga menjadi pemudi Indonesia, dengan segala keadaan yang melengkapi.

Walau saya akui optimisme saya berkurang, tapi saya tidak pungkiri bahwa itu akan bertambah dengan berjalannya waktu. Hanya saat ini, walau optimisme saya berkurang, sense of belonging saya pada Indonesia masih ada. Karenanya, saya menulis ini.

Ayo bangga menjadi orang INDONESIA, bukan menjadi orang timur atau orang barat. Bangga, karena sebenarnya garuda itu ada di dalam dada kita masing-masing; tapi banyak dari kita yang tidak menyadarinya.

Jadikan kita bangga Indonesia!

For download click here.

Leave a Reply

