Tips Baca dan Begadang Sehat

Saat tengah mengerjakan skripsi, saya, yang notabene mengambil metode library research (yang sepertinya akan terus dilakukan sampai selesainya skripsi), terkadang (bukan ‘terkadang’, tapi MEMANG) berhadapan dengan puluhan buku-buku berbahasa Inggris. Dan semuanya itu mesti DIBACA. Atau at least discan, deh. Karena, walau memang banyak tersebar review buku-buku itu di internet, bagaimana saya bisa menuliskan dengan jelas halaman dan kutipan yang dimaksud nanti.

Teringat seorang rekan memberitahu, ‘Skripsi harus diperjuangkan biar dapat hasil yang sesuai juga.’ ALlahu Akbar!

Begadang, baca, mikir, nulis; akan menjadi sebuah hal yang biasa sampai beberapa bulan ke depan. Walau, jadi teringat kata seorang rekan yang mengingatkan kok saya malah lebih sering mengisi blog daripada bikin skripsi. Ya, entah ya. Jika sudah merasuki hati, menulis itu bukan hanya menjadi sebuah pilihan, tapi sebuah kewajiban.

Karenanya, saya hendak membagi tips dan trik dalam membaca yang sehat. Terkadang, saat kita membaca, terutama textbook Bahasa Inggris, seringkali pikiran kita hilang di tengah jalan karena tidak mengerti maksudnya. Nah, lho. Sering banget ini, jadi pusing sendiri kan. Sebenarnya, trik membaca ‘scanning’ dan ‘skimming’ bisa berguna; tapi jika memang bahasan dalam sebuah buku sudah dimengerti. Tapi jika memang belum mengerti, mungkin bisa mencoba:

  1. minum air putih sesering mungkin. Kalau tidak mau ribet, usahakan ada gelas dan pitcher di meja.
  2. dengarkan musik yang membuat Anda santai. Hm, tergantung setiap orang ya. Kalau saya, belakangan terbantu banyak dengan alunan musik klasik dari streaming radio di Banshee (Linux Mint). Atau jika sudah bosan, bisa diganti dengan murottal bagi yang muslim.
  3. tenang. Intinya, jangan tergesa-gesa membaca; pengen cepat-cepat sampai ke kesimpulannya saja. Saya dulu sering begitu, tapi jadinya malah tidak mengerti sama sekali apa yang sedang dibahas di kesimpulan. Ya iya tidak mengerti, bab-bab sebelumnya saja belum dibaca. Dengan pikiran tenang, insyaAllah teori lebih cepat masuk ke otak.
  4. ubah posisi tulisan seenak Anda melihatnya (khusus untuk materials di komputer dalam .doc dan semacamnya). Jika memang materials tidak bisa diubah (.pdf atau web-based), anggap saja bentuk semacam itu sudah membuat Anda nyaman.
  5. baca buku-buku yang diterbitkan lebih awal. Seringkali, Bahasa Inggris zaman-zaman dulu lebih sulit dicerna daripada yang diterbitkan sekitar abad 20. Karenanya, usahakan baca buku-buku baru dulu; sehingga setidaknya sudah ada bayangan teori macam apa yang hendak Anda hadapi. Barulah, jika memang tersisa waktu, buku-buku lama bisa dibaca.
  6. scanning daftar isi. Ini PENTING, untuk mencegah pembuangan waktu. Dan sebisa mungkin, baca overview teori Anda di, entah buku-buku yang membahas teori-teori sastra secara keseluruhan atau web encyclopedia; sehingga Anda bisa tahu batasan dan acuan yang sedang Anda tuju. Jadi, tidak membuang waktu membaca SATU buku, padahal cuma butuh beberapa bab saja (misalnya).
  7. tidak cepat mengambil kesimpulan. Misalnya, Anda sudah mengerti satu paragraf lalu ditinggalkan saja bukunya dan menganggap teori intinya itu yang sudah Anda mengerti saja. Cari referensi lagi dari bahan lain, review dari website juga bagus. Untuk meyakinkan bahwa yang telah Anda yakini itu memang benar.

Dan, kalau bicara mengenai begadang; haha. Sebenarnya, memang sudah menjadi hal yang biasa. Masalahnya, saya lebih bisa on kalau sudah malam atau menjelang pagi. Mungkin juga setiap orang berbeda. Tapi, ada beberapa tips lagi tentang begadang. Walau tak sehat sebenarnya, tapi jika memang benar-benar diperlukan; mengapa tidak dijadikan sebagai begadang yang sehat?

  1. Niat. Haha, tapi serius nih. Sebelum begadang, niatkan dulu hendak melakukan apa Anda selama bangun sepanjang malam. Karena jika memang tidak diniatkan, yang ada malah buang-buang waktu.
  2. Banyak minum, selalu. Dehidrasi ringan itu awal hilangnya konsentrasi.
  3. Jangan ngemil, karena malah bikin kenyang dan ngantuk. Atau buruknya, malah sibuk makan daripada fokus ke tujuan.
  4. Kalau bisa, stay in touch ama tmen-tmen Anda; entah di YM atau di facebook (haha). Karena, dengan adanya teman mengobrol, Anda akan tidak merasa terbebani; sekalipun obrolan tidak berhubungan. Bahkan kalau tidak berhubungan, yang lebih dibawa santai dan becanda, malah membuat Anda lebih rileks di malam hari. Tapi, kalau memang tidak ada yang masih bangun, usahakan menyalakan televisi; untuk lebih membuat Anda merasa tidak sendirian. Karena, bagi saya, jika memang tidak ada interaksi satu malam dan hanya ditemani materi-materi atau musik; akan sangat menjemukan.
  5. Usahakan makan buah, apa saja; sebagai pengganti cemilan.
  6. Minum yang segar juga bagus; sebagai pengganti kopi yang tidak sehat.
  7. Jangan lupa shalat malam; karena seringkali shalat malam membangkitkan inspirasi. InsyaAllah.

Di atas semuanya, ingat selalu jika memang Anda sudah tidak kuat (pusing atau mengantuk), jangan dipaksa lagi. Karena time is priceless.

Advertisements

One thought on “Tips Baca dan Begadang Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s