Tentang Skripsi Sastra Inggris

Sempat tidak enak, saat melihat banyak yang searching tentang thesis sastra Inggris dan malah nyasar di blog saya. Secara, bahasan thesis sebelumnya masih belum pasti dan masih berupa brainstorming. Kasihan bagi orang-orang yang sedang serius mencari topik.

Begini saja. Saya hanya bisa menuliskan saran; karena sekarang masih menyandang status mahasiswa. Selama ini, mendengar cerita dari dosen-dosen saya, skripsi (thesis) jurusan Sastra Inggris seringkali hanya berkutat pada analisis sebuah karya sastra. Dan seringkali, karya sastranya itu berupa novel-novel terkenal zaman dahulu kala. Shakespeare dan Jane Austen, misalnya.

Iya, memang itu novel bagus, misalnya. Tapi, 1) sudah banyak yang menganalisis. Walau Anda yakin belum ada yang menganalisis dari sudut pandang teori yang Anda pilih, tapi tetep aja bahasannya itu basi banget. 2) sudah tidak satu generasi dengan Anda, sehingga sulit jika hendak direfleksikan pada zaman sekarang.

Kenapa direfleksikan pada zaman sekarang; karena seharusnya sebagai mahasiswa sastra, Anda dituntut untuk melihat dan menganalisis budaya. Dan secara Anda berada pada zaman INI, berarti budaya yang Anda mengerti banget ya zaman INI.

Saya pernah berbincang dengan beberapa teman sastra juga. Kami sependapat dengan bosan dan monotonnya skripsi yang hanya berkutat pada analisis karya sastra. “Lalu, apa kontribusinya pada masyarakat?” Atau dalam hal ini, setidaknya Indonesia. Atau minimal jurusan, deh. Karena, sejauh yang kami lihat, skripsi Sastra Inggris tak jauh-jauh dari karya sastra, analisis, dan library research. Tidak ada tantangannya. [ups, tak percaya Saya menulis ini. Padahal dilakukan saja belum.]

Karenanya, saya mencoba menyarankan kepada Anda demi kemajuan intelektual sastra dalam penulisan skripsi. Pertama, pastinya ada karya sastra yang dianalisis. Tapi, coba pilih karya sastra yang lebih modern, baru (stidaknya satu dasawarsa dari Anda deh).

Sebenarnya, ini cuma saran dari saya pribadi. Mungkin ada yang lebih suka memilih teori dulu baru memilih karya sastra, ya silakan. Alasan saya memilih karya sastra dulu karena saya termasuk orang yang pilih-pilih dalam karya sastra (ada yang bacanya lancar, ada juga yang mandek ga maju-maju).

Lalu, kedua, coba pilih teori yang berhubungan. Seperti menulis sebuah artikel dan memilih interest dari sebuah berita: unsur apakah dari karya sastra itu yang menurut Anda cocok dikembangkan lagi. Apakah plotnya, karakternya, jalan ceritanya, pola pikir penulisnya, ekstrinsiknya (tahu kan ya ini? Masa anak sastra ga tahu unsur ekstrinsik?), atau yang lain. Sangat banyak pemikiran yang bisa dianalisis dari sebuah karya sastra.

Sehubungan dengan permasalahan, coba berpikir kritis. Usahakan menulis skripsi dengan pemikiran-pemikiran yang tengah terjadi di masyarakat ini, misalnya. Contoh, feminisme dalam film Desperate Housewives dengan feminisme di kalangan wanita Indonesia (do not copy THIS). Karenanya, perbanyak membaca koran (berita).

Kemudian, baru berburu teori serta tulisan-tulisan yang bisa mendukung unsur yang akan Anda teliti.

Sebagai tambahan, mungkin bisa dilakukan field research yang berhubungan dengan tema yang akan Anda teliti. Tapi, untuk field research, coba dipersempit lagi sasarannya; jangan terlalu luas.

Saat menulis skripsi, usahakan jangan hanya menulis dan berpikir monoton. Maksud saya, hanya sesuai teori saja. Usahakan sering-sering membaca teori-teori yang berhubungan; baik yang mendukung hipotesis maupun yang melenceng dari hipotesis. Saya sarankan bagini karena bagi saya semakin banyak membaca maka akan semakin lancar menulis. Mungkin tiap orang berbeda.

Sastra itu sebenarnya sebuah ilmu yang indah; di mana sebuah ilmu memperhatikan apa yang tidak menjadi perhatian masyarakat banyak. Jika fotografi merekam sebuah sejarah dalam bentuk gambar, maka sastra akan merekam sejarah itu dalam bentuk tulisan dan cerita.

Karenanya, sesuatu yang kompleks jangan dibuat menjadi simpel. Sesuatu yang kompleks, buatlah tetap kompleks agar semakin terlihat keindahannya. Bagi yang akan menulis skripsi, sama-sama tak sabar memulai ini. Selamat berjuang, semoga perjalanan empat tahun tak sia-sia. ๐Ÿ˜‰

Advertisements

23 thoughts on “Tentang Skripsi Sastra Inggris

  1. nia says:

    tapi klo di kampusku, untuk skripsi tentang literatur, tdk boleh tentang plot nya, jalan ceritanya atau karakternya..karna itu dinilai terlalu mudah…

    • Hmm. Coba mulai dari buku apa yg km suka baca? Hehe. Atau film/hal-hal di sekeliling kamu. Sbenrnya skripsi sastra gampang kok, asal kamu bisa menganalisis hal-hal yang kadang-kadang luput dari pikiran orang..

  2. Rina nws says:

    saya jadi tak sabar tenggelam dalam samudra dunia sastra…….saya baru di tepian sungai,,,,,,jemputlah saya…….wahai perahu sastra…

  3. Dissa says:

    Setujuuuuuu bgt! (Heboooohh ???ชใช?? yg baru baca…hehehehe)
    Oiaaa K’ salam knal ???ชใช??, sya juga mahasiswa sastra yg lgi cari2 jdul proposal lhooo,
    Oia K’, aku izin copy kata2 kk yaa d paragraf kedua paling terakhir, ๐Ÿ™‚
    Kereeen dech, jadi penyemngat sbgai mhsiswa sastra,
    Thank you bevo….

  4. Nova says:

    It is inspirating and motivating me.
    Your blog makes me more enthusiastic even though I’m still in the 2nd semester.

  5. Halo Kak Ashree, terima kasih atas tulisannya, sekarang saya sedang mengerjakan TWD (Thesis Writing Design), minat teks saya ada di Film / Advertising, tapi saya masih kebingungan dengan teori nya, apa ada saran Kak? ๐Ÿ™‚

    • Halo. Wah kalau film atau advertising byk sekali teorinya. Cari minatmu dulu ya, mau analisis apa. Konteks literaturnya kah dalam film/ad? Misalnya analisis film/ad yang berkaitan dengan postmodernism atau feminism atau teori2 lain. Atau mau analisis linguistiknya? Misal analisis bahasa iklan yang untuk target market tertentu. Dan sebagainya. Banyak banget teori yang bisa dipakai, hehe. Banyak baca yaa ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s