Seleksi Judul Thesis

Saya bercerita pada beberapa rekan mahasiswa BINUS dari jurusan lain, tentang penulisan skripsi. Dengan ringan saya berkata, “Skripsi Sastra Inggris dimudahkan kampus!” Mengapa? Pertama, dilihat dari nama; skripsi Sastra Inggris bernama “Thesis”, bukannya skripsi atau tugas akhir seperti jurusan lainnya. Ha. Jadi, seakan menulis Thesis S2, kan?

Kemudian, ada hal lain juga. Untuk Sastra Inggris, mahasiswa diberikan kesempatan menulis satu Thesis selama 3 Semester! Hmm. Ini yang saya katakan pada beberapa rekan. Semester 6, menulis pendahuluan (Bab 1). Semester 7, melakukan penelitian dan menulis isi. Semester 8, sidang pendadaran. See? Betapa kami dimudahkan.

Tapi sahabat, saya hanya bisa komentar: sama saja. Maksudnya, sama saja kalau masih stuck judul seperti saya. Bagi mereka yang sudah menemukan judul yang tepat pada semester 6, berarti sudah menulis Bab 1. Sementara saya, masih mencari-cari. Sekarang masih mending sih ada beberapa judul, seperti:

1. Clarify Personal Legend in Paulo Coelho’s The Alchemist: An Analysis of Plot and Postmodernism
2. A Plot Analysis of Paulo Coelho’s The Alchemist to Define the Exact Meaning of Personal Legend
3. A Psychological Aspect in Paulo Coelho’s The Alchemist: a Study in Baudrillard’s Postmodernism

Ups. Pas nulis blog ini, malah dapat ide yang nomor 3. Haha. Kebetulan yang menyenangkan.

Jadi begini, Sahabat. Thesis Sastra Inggris diharuskan berhubungan dengan Bahasa/Sastra Inggris (English Linguistic/Literature) atau bahan-bahan lain yang disetujui jurusan (seperti misalnya Teaching/Tourism). Dulu, saat semester 6, saya pernah menawarkan judul “Language Revitalization of Basa Sunda in Youngsters by influenced of English“, yaitu tentang revitalisasi bahasa daerah Sunda yang sudah mulai tidak digunakan generasi muda; yang digantikan oleh bahasa Inggris. Terus, dosen saya saya yang kebetulan KaJur bertanya balik, “Memangnya kamu jurusan Sastra Sunda?” Haha. Salah judul, ternyata.

Tapi begitulah. Saya sengaja mencari tema-tema yang menantang, yang tidak sekadar Library Research; karena itulah yang saya lakukan setiap menganalisis karya sastra. Masa thesis-nya juga seperti itu? Sebagai mahasiswa, saya kurang tertantang. Tapi, hal-hal yang menantang yang sudah saya temukan seringkali bertabrakan dengan fasilitas. Misalnya, judul Thesis pertama yang saya tawarkan adalah “Analysing American Political View: a Study of Green Day’s American Idiot.” Sebenarnya ini sudah mantap, tapi terbentur dengan sarana apa yang akan saya gunakan. Misalnya, untuk memvalidasi data, saya harus mewawancarai si pembuat lirik lagunya, i.e. Billie Joe Armstrong, yang tinggal di Amerika. Kan itu hil yang mustahal. Kecuali kalau jurusan mau membayarkan, gitu. Terus juga, saya harus memiliki sample warga Amerika yang bersedia dimintai pendapat tentang pandangan politik mereka. Argh, that means saya harus berhubungan dengan Kedubes Amerika: karena kalau hanya mengandalkan ekspatriat di Indonesia kurang akurat. Aduh. Intinya sih, untuk mewujudkan penelitian itu, saya HARUS berada di Amerika selama kurang lebih tiga bulan untuk mengetahui pandangan politik mereka; dan itu sulit sangat.

Nah. Tiga Judul di atas itu sebenarnya tinggal dipersempit; walaupun yang nomor 3 sudah cukup sempit. Jadi ceritanya, saya menganalisis novel The Alchemist-nya Paulo Coelho (buku bagus, wajib BACA) dengan teori Postmodernism-nya Jean Baudrillard. Lalu, hasil analisis dikombinasikan dengan aspek psikologi. Cihuy! Berarti yang dibutuhkan adalah buku… Eh, daripada buku, kenapa tidak langsung berhubungan dengan praktisi ya? Kalau tidak salah, jurusan Psikologi BINUS juga ada di Kijang tuh. Asikii. Berarti, berhubungan dulu dengan dosen/praktisi psikologi. Lalu, minta referensi buku ke beliau/mereka. And I moved one

Ya ALlah, Sertailah. Semoga kebetulan yang menyenangkan ini tidak hanya sekadar kebetulan. Semoga ini bisa dilaksanakan. Semogaaaa diterima jurusan.
Amin.

Advertisements

3 thoughts on “Seleksi Judul Thesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s