“You Should Focus on Your Study…”

Sebuah pemikiran: don’t judge a book by its cover; bisa dibilang benar. Terkadang, kita terlampau egois sampai hanya melihat sebuah ‘buku’ hanya dari tampilan depannya saja. Padahal, apa sih arti tampilan depan.

Sebuah pelajaran saya dapat hari ini. Sebenarnya, sore ini saya mendapat jadwal kuliah Semester Pendek dua shift. Berhubung hari sebelumnya saya tidak datang, akhirnya saya sangat terkejut mengetahui bahwa mahasiswa di dalam kelas saya hanya: dua orang! Itu termasuk saya! Wow. Karyawan-karyawan akademis sampai berkali-kali menertawakan saya. Ha-ha. Terkejut, tapi juga bersyukur; karena kalau kelas tidak dibuka, saya harus mengulangi selama satu semester… Dan saya hanya bisa katakan tidak!

Satu kabar lagi; ternyata dosennya pun sama dengan dosen sebelumnya yang saya tidak lulus. Hmm, menarik. Tapi sempat nyesek juga sih; karena beliau ini lumayan gimanaaa gitu. Sedikit males. Dan benar saja, ternyata kakak kelas yang satu kelas dengan saya itu tidak masuk; alhasil saya hanya berprivat saja dengan dosen tersebut.

Namanya Ma’am Santi; perawakannya seperti orang indo mengarah ke Arab (tapi bukan muslim). Pokoknya logat bahasa Inggrisnya pas deh. Jadi ceritanya, kami berdua akhirnya belajar di akademis. Ha! Belum pernah kan privat bareng dosen di akademis? Ini masuk absen, lho; bukan tambahan…

Singkat cerita, belajar lah kami. Serius, kami berdua ngomong bahasa Inggris di tengah-tengah ruang akademis yang sedang kosong. Jadi kelihatan banget, kan? Asli, enggak ada ngantuk-ngantuknya deh! Padahal ini teori; tumben banget ‘masuk’ ke saya.

Selama belajar, beliau tidak hanya mengajarkan saja. Terkadang beliau bertanya-tanya tentang saya. Jujur, beliau yang saya pikir sedikit pilih kasih di kelas, ternyata perhatian luar biasa! Pertama, saya jadi tahu beliau baca email saya; yang menjelaskan ketidakfokusan saya di kelas karena waktu itu sedang kerja. Selama ini, saya menganggap beliau tidak membaca dan tidak peduli; secara memang tidak ada balasan dan saya mengharapkan balasan, saat itu.

Ma’am Santi pun bertanya tentang kenapa saya sampai tidak lulus mata kuliah ini. Saya pun menjawab, “Oh, waktu itu saya sedang mengurus even organisasi yang luar biasa besar, Ma’am.” Berikutnya, beliau bertanya-tanya tentang organisasi itu. Secara kami sedang belajar tentang Leadership in Organization [ga ada hubungannya ama sastra, kan? Binus, Binus].

Saya lumayan cerita banyak tentang organisasi itu. Tapi kemudian, Ma’am Santi bertanya tentang IPK saya. Duh, ko jadi enggak enak gini bahasannya yah. Tapi, saya bilang juga akhirnya; mengakui bahwa IPK saya masih 0,1 di bawah 3,0. Dengan tambahan, “Tapi, masih ada banyak matkul yang enggak lulus, ma’am.” Maksudnya, buat pembelaan diri.

Eh, ternyata beliau langsung bilang begini kurang lebih: “That’s it, you haven’t focus on your study. It’s very good to get interactive with others like what you do in organization. And also at work. But, you have this study; you should focus on your study. I really know that you have the talent.” Berikutnya, beliau menjelaskan bahwa beliau memperhatikan saya selama ini (dua semester saya bersamanya), dan beliau mengakui cukup terkejut saya tidak lulus.

Wah, saat itulah saya mulai sadar, ternyata selama ini beliau memperhatikan saya. Terkadang, orang yang kita anggap asing ternyata dekat dengan kita. Sejak dulu pertama diajar beliau, saya ingin berbicara privat karena ternyata kami memiliki minat jurnalistik yang sama (beliau mantan wartawan juga). Tapi ternyata, Allah menakdirkan privat di akademis ini sebagai tempat saya mengenal beliau. Wah, menarik.

Entah mengapa, ‘this book’ taught me a lot karena saya akhirnya memutuskan untuk ‘membelinya’.

4 thoughts on ““You Should Focus on Your Study…”

Leave a Reply

