Kisah Tukang Ojek Iseng

Aku mau cerita nich, tapi enggak ada serius-seriusnya sich. Jadi ceritanya, setelah berkelana di kota yang sangat panas yang (terpaksa) kucintai itu, akhirnya aku diberikan-Nya kesempatan untuk pulang mencium keharuman dan kesegaran kota hujan. Tapi, tak disangka mesti ngerjain tugas dulu. Jadilah aku mengerjakan tugas dengan gigihnya sampai terlewat waktu Dzuhur (astagfirullah), tapi alhamdulillah disadarkan pada saat waktu Ashar. Karenanya, setelah langsung terburu-buru ke mushala kampus, aku pun langsung bergegas menuju tanahabang mengejar kereta-dingin-ku tersayang.

Alhamdulillah, aku berpikiran untuk menaiki angkot, bukan ojek. Tahu kan, beda ongkosnya seberapa jauh. Belum lagi di daerah kampus BiNus… Sudahlah, nyerah aja ama tukang ojek. Alhasil aku pun menaiki angkot. Rada pasrah juga sich ama keadaan, termasuk macet. Tapi alhamdulillah nie, enggak ada macet yang parah banget kya biasanya.

Begitu sampai di jembatan stasiun tanahabang, niatnya udah mau turun tuh karena macet total, as usual. Tapi baru aja mau turun, aku melihat ke bawah dan mendapati sebuah rangkaian panjang kereta berwarna hijau tengah berjalan menuju stasiun. Owwh, itu keretaku!! Dengan panik, aku pun langsung turun dan menuju tukang ojek di pertigaan tanahabang. Lagi jalan gitu pake diteriakin ama orang di motor lagi. Haah, sabar mbak..

Nah, dengan tergesa-gesa aku pun mendatangi seorang tukang ojek. Rada kaget juga tuh dia lihat aku, emang rezeki enggak ke mana-mana. Nie sekelumit percakapan kami [hiyaa, bangga banget sich]:
^aku>> “stasiun tanahabang.” [pake panik dikit]
^tukang ojek>> [rada bingung juga tuh kok dia tenang-tenang aja, padahal hatiku sudah loncat-loncat enggak karuan karena kereta sudah tiba] [mengangguk] “mau ke mana, nich?”
^aku>> [kaget] “ke Bogor.” [enggak niat gitu jawabnya] “Keretanya udah ada, Bang.”
—–>>eh, bukannya jalan, si abang itu malah menstarter motor dgan gerakan pelan. Ya ampun, pengen banget dah ganti posisi…Dan bukannya langsung jalan, dia malah nanya:
^tukang ojek>> “Bogornya di mana, neng?”
*DIEENG… Penting enggak sich? Ternyata penting bwt dia, nich…
^aku>> “Semeru.”
—–>>motor akhirnya jalan dengan perlahan.. Ampuun..
^tukang ojek>> “Saya juga orang Bogor, Neng.”
^aku>> “Hmm..” [panik mode on… Kalau udah panik gimana bisa komentar lebih jauh coba?]
^tukang ojek>> [ngomong sesuatu dech, tapi lupa karena jalanan berisik plus lagi panik. Yang aku tangkep kurang-lebih sperti ini] “Udah dua minggu nih Neng, kangen banget ama anak di Bogor.”
—->> oke, harusnya aku terharu dan sebagainya dan sebagainya. Tapi apa daya, saking paniknya aku cuma bilang:
^aku>> “Hmm..”
—->> nah, waktu aku lagi liat-liat suasana pasar tanahabang sambil menenangkan hati, tiba-tiba beliau mengatakan sesuatu yang bikin aku ‘terpana’:
^tukang ojek>> “Kalau mau bareng, Neng, boleh. Nanti aja, enggak usah buru-buru. Kan nanti bisa kalau mau ngobrol…”
*DIEENG, EENG, EENG… Capek.. Untungnya enggak ada yang nangkep raut wajahku yang sedang terpana sambil menganga.
^aku>> “Enghh…”
^tukang ojek>> [masih ngomong tentang topik yang sama, yeuh]
—->> mataku sudah tertuju pada stasiun yang sudah berada di depan, cukup dekat.. Mulutku terus berdoa agar cepat sampai, semoga tidak ketinggalan kereta..
^aku>> “Oowwh, iyaa bang..” [pasrah aja dah] “Owwh…”
—->> akhirnya kami sampai… Aku bisa saja langsung loncat dari motor dan lari ke kereta kalau beliau tidak berkata:
^tukang ojek>> “Jadi gimana, Neng, mau bareng aja?”
*DIEENG…. Serius, toh.. Rada enggak enak hati juga nich.. Ah, tapi lebih enggak enak hati ketika membayangkan aku bareng dengan beliau dan orang lainnya… Maafkan aku ya Allah… Tolong berikan waktu yang lain untukku menghabiskan waktu dengan mereka, tidak saat itu; saat aku sedang merindukan keluargaku dengan sangat.
^aku>> “Hehehe..” [ketawa nich, ceritanya] “Enggak dech, Bang, naik ini aja.”
^tukang ojek>> “Oh gitu.. Hehehe..” [ketawa juga dia]
—->> aku pun memberikan ongkosnya.
^aku>> “Makasih ya, bang..”
—->> kemudian, aku langsung lari [asli, lari] ke dalam stasiun. Beliau bingung kali yaa, kenapa aku lari, hihihi.. Semoga tidak disangka karena beliau.. Mohon maaf lahir dan batin atuh, yak, abang tukang ojek yang baik hati dan tidak sombong..

Alhamdulillah, Allah masih bersamaku. Kereta hijau masih setia menunggu, walaupun begitu masuk udah kayak orang apaan dah ngos-ngosan begitu.. Hmmm, another turning point in my life.

Leave a Reply

